Cara Instal Haiku Alpha 4 OS Menggunakan Oracle VM VirtualBox

Hai.. Mari rencanakan lusa kamu.
Disini saya akan membahas Cara Instal Haiku Alpha 4 OS Menggunakan Oracle VM VirtualBox.
Sebelumnya, apa itu Oracle VM VirtualBox?
Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi"tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows. 
Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC.
Sistem operasi yang dapat menjalankannya antara lain Linux, Mac OS X, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8,Solaris, dan OpenSolaris
Bagaimana cara menggunakan VirtualBox?
Pada web resmi Oracle VM VirtualBox sudah terdapat panduan lengkap mengenai bagaimana  menggunakan VirtualBox. Bisa melihatnya pada link https://www.virtualbox.org/manual/UserManual.html . Namun pada kesempatan kali ini saya akan memandu anda bagaimana menginstal sistem operasi dengan menggunakan VirtualBox. Kita akan menggunakan file berekstensi ISO dari sistem operasi pada saat instalasi.
Siapkan file ISO installer dari sistem operasi yang akan digunakan. Disini saya menggunakan Sistem Operasi Haiku Alpha 4.

Buka Oracle VM VirtualBox  (disini saya menggunakan versi VM VirtualBox 4.2.6) lalu akan muncul jendela baru seperti dibawah. 
Untuk membuat New Virtual Machine pada VirtualBox, klik Shortcut New atau klik Toolbar Machine > New atau bisa dengan menekan kombinasi keyboard Ctrl + N. Selanjutnya akan muncul jendela baru seperti dibawah.
Selanjutnya kita akan memilih sistem operasi yang akan kita instal.


Name : ketikkan nama apa saja berkaitan dengan sistem operasi yang akan kita pakai.
Type : Kita harus memilih tipe sistem operasi yang akan kita gunakan. Karena sistem operasi Haiku Alpha 4 tidak ada dalam daftar type maka saya memilih Other untuk tipenya.
Version : Version berkaitan dengan OS dan Type OS yang kita gunakan. Karena sistem operasi Haiku Alpha 4 tidak ada dalam daftar version maka saya memilih Other/Unknown untuk versionnya. Selanjutnya pilih Next.
Selanjutnya seperti gambar diatas, kita akan menentukan besaran ukuran memory (RAM) yang dialokasikan untuk Virtual Machine. Disini saya mengatur jumlah memory (RAM) yang dialokasikan adalah 256 MB dari yang direkomendasikan 64 MB. Setelah diatur jumlah memory (RAM) yang dialokasikan silahkan pilih Next.
Langkah selanjutnya adalah membuat Virtual Hard Drive
Pada gambar diatas sudah ada besarnya hard drive yang direkomendasikan oleh sistem yaitu 2,00 GB dan itu akan menjadi patokan untuk kita dalam membuat new virtual hard drive.
Pada opsi diatas pilih Create a virtual hard drive now untuk membuat storage virtual. Lalu pilih Create untuk melanjutkan dan akan muncul jendela baru seperti gambar dibawah.
Pada pemilihan Hard Drive File Type, kita menggunakan tipe default yang digunakan oleh virtual box yaitu VDI (VirtualBox Disk Image). Pilih Next untuk melanjutkan dan akan muncul jendela baru seperti gambar dibawah.

VirtualBox mendukung 2 macam image files:
Dinamically allocated file : Kapasitas hard drive akan bertambah seiring dengan banyaknya data yang tersimpan pada Guest OS.
Fixed-size file : Jika kita membuat virtual hard drive sebesar 2,00 GB, maka besaran itu akan langsung diambil dari alokasi hardisk PC Host.
Disini saya memilih VDI (VirtualBox Disk Image). Pilih Next untuk melanjutkan dan akan muncul jendela baru seperti gambar dibawah.
File location and size. Disini kita harus menentukan dimana lokasi virtual hard drive dan besar ukuran virtual hard drive. Klik ikon Folder untuk menentukan lokasi penyimpanan Virtual Hard Drive. Lalu tentukan ukuran dari virtual hard drive pada kolom bawah. Selanjutnya pilih Create untuk melanjutkan.

Virtual Machine telah selesai dibuat. 


Selanjutnya kita akan mengkonfigurasi Virtual Machine terutama pada bagian CD/DVD agar nantinya kita bisa melakukan instalasi dari file ISO. Pilih ikon Settings atau klik menu Machine > Settings atau tekan tombol Ctrl +S. Selanjutnya akan muncul jendela baru seperti gambar dibawah.

Untuk mengkonfigurasi CD/DVD pada Virtual Machine menu Settings pilih Storage  dan pilih pada bagian Storage Tree pilih gambar disc Empty. Lalu pada menu Attributes pilih gambar CD/DVD pada sebelah kanan CD/DVD Drive. 

Pilih Choose a virtual CD/DVD disk file... Browse file ISO yang akan digunakan sebagai sistem operasi.

Pilih Buka lalu akan muncul jendela seperti gambar dibawah. 

Pilih OK pada menu Settings untuk melanjutkan dan akan muncul jendela seperti gambar dibawah.
Saat ini Virtual Machine telah siap digunakan. Untuk menjalankan Virtual Machine, klik ikon Start, atau klik pada nama Virtual Machine kemudian klik menu Machine > Start.

Instalasi Sistem Operasi di Virtual Machine yang digunakan pada posting ini adalah Haiku Alpha 4. Virtual Machine dimulai.
Setelah selesai akan muncul jendela seperti dibawah.

Welcome to Haiku! Gambar dibawah adalah menu pemilihan bahasa saat menginstal. Karena tidak ada Bahasa Indonesia maka saya memilih English sebagai bahasa penginstalan. Pilih Run Installer untuk melanjutkan proses penginstalan.

Pilih Continue untuk melanjutkan proses penginstalan. Partisi yang dibaca oleh sistem operasi Haiku adalah hard drive yang berformat Be File System.

Pilih oke dari gambar dibawah, lalu pilih Set up partitions... untuk membuat partisi. Gambar tersebut mengartikan bahwa belum ada partisi yang ditemukan.

Masuk pada menu Drive Setup. Pilih partisi yang tadi dibuat, disini saya membuat hard drive berukuran 2,00 GB. Selanjutnya klik Disk > Initialize > Intel Partition Map... 

Setelah muncul seperti gambar dibawah pilih Continue untuk melanjutkan.

Pilih Write changes untuk melanjutkan.

Pilih OK.

Klik partisi yang pada menu File System bertuliskan <empty>. Lalu masuk menu Partition > Create pada menu Toolbar.


Lalu akan masuk pada menu Partition Size. Disini anda bisa mengatur ukuran hard drive atau membuat partisi pada hard drive yang telah dibuat. Disini saya langsung memilih Create seperti gambar dibawah.

Pilih Write Changes untuk melanjutkan proses pembuatan partisi.




Setelah seperti gambar dibawah. Pilih partisi yang tadi telah dibuat lalu masuk menu Toolbar dengan pilih Partition > Format > Be File System...


Pilih Continue.

Pilih Initialize.

Pilih Write Changes.

Partisi telah selesai dibuat seperti gambar dibawah. Pilih OK.

Pilih menu Onto lalu pilih partisi yang akan digunakan untuk menginstal sistem operasi seperti gambar dibawah.

Langkah selanjutnya pilih Begin untuk melanjutkan proses penginstalan sistem operasi Haiku Alpha 4.

Tunggu sampai proses seperti gambar dibawah selesai.



Setelah selesai pilih Restart untuk me reboot sistem setelah menginstal Sistem Operasi Haiku Alpha 4.

Setelah selesai mereboot anda akan masuk pada tampilan dekstop Sistem Operasi Haiku Alpha 4.




Selamat!!! Anda telah berhasil menginstal Sistem Operasi Haiku Alpha 4 dengan menggunakan Oracle VM VirtualBox. J
Sekian postingan tentang Cara Instal Haiku Alpha 4 OS Menggunakan Oracle VM VirtualBox.

Semoga hari-mu indah nan bersahaja. Salam Lusa J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar